BOGOR RADAR MEDIA STRATEGY IN MAINTAINING ITS PRINT MEDIA IN THE DIGITAL ERA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febria Adha Larasti
Ditha Dzakiyah Meiliani
Reynaldi Agustin

Abstrak

ABSTRACT

            The main problem raised in this research is the strategy of print media in the digital era (Radar Bogor). The formulation of the problem discussed in this study is how the Radar Bogor print media survives in the digital era. The purpose of this study was to determine the success of Radar Bogor in implementing its strategy. The research method used is a qualitative research method that describes the adaptation of print media to globalization in order to continue to exist in the digital era. The resource persons in this study were the media staff of Radar Bogor. Data was collected by means of interviews. The results of research on Radar Bogor show that (1) as a form of expression for Radar Bogor companies in responding to globalization, namely trying to maximize the use of technology by presenting their products on the website. Compared to print media, online media is more practical, and with sufficient internet quota, readers will find it easier to enjoy journalistic products from Radar Bogor. (2) a strategy for marketing and raising the media's profile by promoting it online as well as at thematic events tailored to national holidays.The media also strives to strengthen the quality of journalists and form a strong work team for internal marketing within the company. (3) To be more accountable for news products, the media is obliged to balance the news in each article. It is intended that the media have valid and quality data.

Keywords; Digital Era, Media, Radar Bogor, Strategy

 

ABSTRAK

            Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi media cetak di era digital (Radar Bogor). Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana media cetak Radar Bogor tetap bertahan di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keberhasilan Radar Bogor dalam menerapkan strateginya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang adaptasi media cetak terhadap globalisasi ini agar tetap eksis di era digital. Narasumber dalam penelitian ini adalah staf media Radar Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Hasil penelitian terhadap Radar Bogor menunjukkan bahwa (1) sebagai bentuk ekspresi perusahaan Radar Bogor dalam menyikapi globalisasi, yaitu berusaha untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dengan menyajikan produknya di situs web. Dibanding dengan media cetak, media daring lebih praktis dan cukup bermodal kuota internet pembaca akan lebih mudah menikmati produk jurnalistik dari Radar Bogor. (2) strategi untuk memasarkan dan membesarkan nama media dengan promosi secara daring sekaligus di acara tematik yang disesuaikan dengan hari nasional. Media juga berusaha untuk memperkuat kualitas jurnalis dan membentuk tim kerja yang kuat untuk pemasaran di internal perusahaan. (3) untuk lebih mempertanggungjawabkan produk berita maka media wajib melakukan perimbangan berita di setiap tulisan. Hal itu bertujuan agar media memiliki data-data yang valid dan bermutu.

Kata Kunci; Strategi, Radar Bogor, Media, Era Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

  1. Cangara, Hafied. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  2. Hall, J., & Press, P. P. (2001). “Online Journalism A Critical Primer†dalam SAGE Journals Vol 2 (3). London, Thousand Oaks, CA and New Delhi: SAGE Publications.
  3. Hutasoit, Wesley Loano. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Media Sains Indonesia.
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2021). “Arti kata strategiâ€, https://kbbi.web.id/strategi, diakses pada 2 November 2021 pukul 10.15.
  5. Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). “New Media: a Critical Introduction, Second Edition†dalam Routledge Taylor & Francis Group Journals. UK: Routledge.
  6. Meyer, Philip. (2009). The Vanishing Newspaper: Saving Journalism in the Information Age, Second Edition. English: University of Missouri.
  7. Prawiro, M. (2018). “Pengertian Media Online Secara Umum, Ciri – Ciri, Fungsi, Jenis, dan Contohnyaâ€, https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-media-online.html, diakses pada 4 November 2021 pukul 14.37.
  8. Putri, C. E., & Hamzah, R. E. (2018). Konvergensi Konten Majalah Popular dalam Industri Digital Media Cetak (Vol. 01, Issue 02). www.popular-world.com,
  9. Rabbani, Aletheia. (2021). “Pengertian Media Cetak, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannyaâ€, https://www.sosial79.com/2021/01/pengertian-media-cetak-jenis-kelebihan.html?m=1, diakses pada 4 November 2021 pukul 19.45.
  10. Romadhoni, B. A. (2018). MEREDUPNYA MEDIA CETAK, DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI. In Jurnal An-Nida (Vol. 10, Issue 1). http://www.
  11. Satria Kusuma. (2016). “POSISI MEDIA CETAK DI TENGAH PERKEMBANGAN MEDIA ONLINE DI INDONESIA†dalam Jurnal InterAct Vol.5 Nomor 1 (halaman 56 - 71). Bogor: Universitas Katolik Islam Atma Jaya.
  12. Sesra, O. :, Sekolah, B., Agama, T., Yaptip, I., & Barat, P. (2019). “STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAHâ€, dalam JURNAL MENATA (Vol. 2, Issue 2). Pasaman Barat: JURNAL MENATA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.