IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BUDAYA DI KABUPATEN BIMA

Salmin Jasman

Abstract


Judul penelitian ini adalah : “Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya  di     Kabupaten Bima. Dengan tujuan  untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai wujud representasi budaya daerah dalam pengembangan pariwisata  budaya di Kabupaten Bima dan Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai wujud representasi budaya daerah dalam pengembangan pariwisata  budaya di Kabupaten Bima.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah a. Kepala UPTD Museum ASI Mbojo, b. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, c. Kabid Pengembangan dan Promosi Wisata, d. Ketua Majelis Adat Kabupaten Bima dan e. Perusahaan jasa Pariwisata (Tour and travels). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini selain menggunakan observasi, Wawancara tak terstruktur dan studi dukementasi. (d) Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan Reduksi data, Display data dan Pengambilan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian bahwa : Implementasi atau penerapan nilai kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Bima dapat dilaksanakan dengan baik apabila nilai kearifan lokal dapat diterapkan dalam pengembangan pariwisata budaya Kabupaten Bima. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Pariwisata Budaya, terdiri dari  Potensi destinasi wisata yang melimpah pada tiap kawasan Wisata Budaya sepeti  Potensi wisata budaya dan kuliner, Masyarakat yang sudah mulai terbuka akan potensi wisata dan pengunjungnya,  Faktor Penghambat/Kendala yang dihadapi, terdiri dari : Faktor keamanan yang masih relatif kurang di obyek wisata, Potensi pariwisata di kabupaten Bima belum dikelola secara optimal,  


Refbacks

  • There are currently no refbacks.