Kinerja Kepala Desa Dalam Merespon Aspirasi Masyarakat Di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu

Sri Asmiati Ningsih, Sita Komariah, Nike Ardiansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kepala desa dalam merespon
aspirasi masyarakat di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan untuk
mengetahui respon kepala desa dalam menyerap aspirasi masyarakat di desa Pekat
Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini
sebanyak 13 orang. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan kepala desa dalam
menyerap aspirasi masyarakat di tinjau dari segi; Produktivitas, Kualitas Pelayan,
Responsibilitas, dan Akuntabilitas, Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu
dinilai sudah Cukup Baik, Respon Kepala Desa Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat
Di Desa Pekat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu ditinjau dari segi; Aspirasi
Melalui Musrenbang, Aspirasi oleh BPD, Dan Penyerapan Aspirasi Langsung Oleh
Kepala Desa dinilai Cukup Baik.


Full Text:

Untitled

References


Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Hasibuan, H. Malayu SP, (2007). Manajemen sumber daya Manusia. Jakarta:Cetakan

PT. Bumi Aksara

Kunnica Fatku Rohmah(2013)Implementasi Tugas Dan Fungsi Kepala

Desa.Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Mangkunegara, Prabu (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung; PT.

Rafika Aditama.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Cetakan

Pertama, UI-Press, Jakarta.

Muhamad Zuhriansyah, 2013. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume

II Edisi 2. https://media.neliti.com/media/publications/100765-ID-

penyerapan-aspirasi-masyarakat-dalam-ang.pdf. (Diakses 22 Juli 2020)

Moleong, Lexy J., 1999, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh,

Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, KBBI, Jakarta : Balai Pustaka,

Rivai, Veithzal. (2004), Manajemen Sumber Daya Untuk Perusahaan, Jakarta; PT.

Raja Gravindo Persada.

Sinambela, Lijian Poltak.2012, Kinerja Pegawai Teori Pengukuran Dan Implikasi.

Yogyakarta Graha Ilmu.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Usman, A. (2008). Mari Belajar Meneliti. Yogyakarta: Genta Press.

Adi Wiliansyah(2017).Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Kepala desa

dalam melaksanakan tugas pemerintahan di desa doridunggaKecamatan

donggo Kabupaten Dompu. Bima: STISIP MBOJO-BIMA.

Refli Pusida (2017)Partisipasi politik masyarakat dalam perencanaan

Pembangunan (Suatu Studi di Desa Kuma Selatan Kecamatan Essang Selatan

Kabupaten Kepulauan Talaud)

Soerjono Soekanto, S.H, M.A, Kamus Ssosiologi Edisi Baru, Jakarta : Raja Grafindo

Persada

Sri Arinah (2017). Perencanaan pembangunan desa Di desa risa kecamatan woha

Kabupaten Dompu. Bima: STISIP.

Yulianto, Taufik (2015). Kinerja Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa

Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalan.Semarang : UNES.

Peraturan Pemerintah No.72/2005 tentang Desa

Permendagri No. 66 Tahun 2007 TentangPerencanaan Pembangunan Desa.

Surat Edaran Bersama Mentri dalam Negri PPN/Kepala Bappenas dan Mendagri

Nomor 008/M.PPN/01/2007 dan Nomor 050/264A/SJ tentang Petunjuk

Teknis Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun

Undang-Unadng Nomor 32 Tahun 2004tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/2014 tentang Desa

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004tentang Sistem Perencanaan Pembangunan

Nasional (SPPN ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.