PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENANGANAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN RABANGODU UTARA KECAMATAN RABA

Firmasyah ,, Syahri Ramadoan, Firman .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja Petugas Kebersihan Di Kelurahan Rabangodu Utara Kecamatan Raba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu diskriptif kualitatif, dengan tehnik pengumpula data yang di gunakan yaitu sebagai sumber sumber utama pengumpulan data adalah wawancara (interview) dan observasi. Penentuan sampel menggunakan tehnik sampling aksidental adalah tehnik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (sugiyono, 2001:60). Kemudian tehnik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif yang dipaparkan secara narasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Perencanaan penanganan sampah telah dilaksanakan dengan baik, Penentuan tenaga pengangkut sampah sehingga rumah tangga penghasil sampah dapat membuang sampahnya sesuai dengan jadwal pengangkutan sampah. dengan pembagian wilayah dalam pengangkutan sampah telah memberikan manfaat dan dampak yang cukup besar dalam penanganan sampah di Kelurahan Rabangodu Utara Kecamatan Raba. 2) Pelaksanaan penanganan sampah di Kota Bima sudah dilaksanakan dengan baik seperti pemilahan sampah dilakukan berdasarkan jenis dan jumlah sampah sehingga memudahkan petugas  pada saat pembuangan dan pengumpulan sampah.

 

Key Words : Hukuman, Disiplin Pegawai,


Full Text:

Untitled

References


Ali, Faried, 2000, Metodologi Penelitian Sosial Dalam Bidang Ilmu Administrasi dan Pemerintahan,Raja Grafindo Persada,Jakarta.

Arikunto, Suharsimin ; 2010:Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, edisi revisi IV,Rineka Cipta Jakarta

Bungin, Burhan,2003 Metode Penelitian Kualitatif, Aktualisasi Metodologis Ke Arahragam variam kontemporer,cetakan Kedua,Raja Grafindo Persada,Jakarta

Dadim,Sudarman,2000, Menjadi Peneliti Kualitatif, Cetakan I, Pustaka Setia, Bandung

Faisal, Sanapiah, 2005 Format-format Penelitian Sosial: Dasar-dasar dan Aplikasi, Rajawali Pers, Jakarta.

Gibson, dkk, 2007. Organisasi Perilaku Struktur Proses. (Edisi VIII) Jakarta Binarupa Aksara.

Gie The Liang dkk, 2008 : Ensiklopedia Administrasi, Gunung Agung, Jakarta

Sutrisno; 2003 : Statistik II, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Irawati, Erna, 2004, Pengukuran Kinerja dan Analisis Kinerja Organisasi Pemerintahan Daerah, Manajemen Pembangunan, LAN, Jakarta.

Jalaludin Rahmat, 2003. Psikologi Komunikasi.Remaja Rosdakarya : Bandung

John C. Reinard, 2006 : Communication Research Statistics, SAGE,2006

Mar’at, 2006. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Ghalia Indonesia : Bandung

Munir, A.S 2000 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Remaj Rosdakarya, Bandung

Muhyadi, 2009.Organisasi Teori Struktur dan Proses. Depdikbud : Jakarta

Naryono, (2010) Mengukur Kinerja Pegawai,Remaja Rosdakarya, Bandung

Papayungan, M, M, Dkk, 2005, Metode Penelitian Ilmu Sosial (Teori dan Praktek) Pusat studi Unhas, Ujung Pandang.

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

------------------ .2006. Etika Kehumasan Dalam Pelayanan Publik. Jakarta: PT Raja Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2001; Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta. Bandung.

-----------------, 2001. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Alfabeta. Bandung. 2001.

-----------------, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke 7. Alfabeta. Bandung. 2009.

Sutrisno.Hadi; 2010: Statistik II, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Tjiptono, f., dan A. Diana, 2001, Total Quality Mangement, Valentine, Yogyakarta.

Thoha, Miftah 2000, Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Raj Grafindo Persada, Jakarta.

Usman A., 2008: Mari Belajar Meneliti, Genta Pers, Jakarta.

Yusuf, A. Muri, 2005, Pengantar Ilmu Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Dokumen:

Peraturan Pemerintah Nomor 722 Tahun 2005 tentang Desa / Kelurahan.

Peraturan daerah Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pemekaran Kelurahan di Kota Bima

Undang-undang Nomor 32 Thun 2004 Tentang Perubahan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 Pemerintah Daerah.

www.bimakini.com/ (2017) Masalah sampah masih terhambat jumlah armada https://www.bimakini.com/2017/10/masalah-sampah-masih-terhambat-jumlah-armada/ dikutip pada Tanggal 5 februari 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.