LEGENDA TAQBE BANGKOLO PADA MASYARAKAT DESA JIA KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (SMTA): KAJIAN RESEPSI SASTRA.

Kasman `, Arif Satriadin

Abstract


Penelitian ini mengkaji masalah struktur dan resepsi masyarakat terhadap legenda  Taqbe Bangkolo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, teknik wawancara,  teknik mencatat, teknik rekaman, dan teknik dokumen. Bentuk analisis yaitu  interpretasi data. Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber  sumber atau data. Hasil temuan penelitian ini yaitu; (1) struktur legenda Taqbe  Bangkolo memperlihatkan adanya struktur luar atau permukaan yang terdiri dari  enam belas episode, yang merupakan ciri-ciri empiris dari relasi-relasi cerita itu  sendiri, sementara struktur dalam atau batin yaitu unsur-unsur yang tidak selalu  tampak pada sisi empiris yaitu kisah Ncuhi Jia meminta pertolongan Tuhan dan  kisah kesulitan Ncuhi Jia menentukan arah; (2) resepsi masyarakat terhadap  legenda Taqbe Bangkolo terdapat resepsi aktif yaitu seluruh masyarakat desa Jia  tidak ada satu pun yang berani mengkonsumsi ikan Bangkolo; (3) fungsi legenda  Taqbe Bangkolo terdiri dari sistem proyeksi, sebagai alat pendidikan, sebagai  hiburan, dan sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat  akan selalu dipatuhi anggota kolektif; (4) implementasi legenda Taqbe Bangkolo  melalui pembelajaran sastra di SMA.


Full Text:

Untitled

References


Ahimsa–Putra, Heddy Shri. 2012 Strukturalisme Levi-Staruss: Mitos dan Karya Sastra Yogyakarta: Galang Press.

Danandjaja, James. 2003. Folklor Amerika: Cermin Multikultural Yang Menunggal. Jakarta: IKAPI.

. 1997. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-lain. Jakarta:

Grafiti Pers.

Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universita Sebelas Maret Perss.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.