PROFIL ECOTOURISM DI TAMAN NASIONAL GUNUNG TAMBORA

Adi Hidayat Argubi, Hendra .

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan informasi potensi pengembangan
pariwisata berbasis ecotourism, upaya pengembangan serta daya dukung dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata berbasis ecotourism di Taman Nasional Gunung Tambora. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat Desa Tambora Kabupaten Dompu dan Desa Oi Bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima yang berada dekat dengan Taman Nasional Gunung Tambora serta wisatawan berkunjung ke Taman Nasional. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling sebanyak 10% dari jumlah populasi
berdasarkan mata pencaharian sebanyak 986 orang, yaitu 98responden. Total sampel sebanyak 100 orang responden. Sedangkan jumlah sampel wisatawan diambil dengan quota sampling sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini selain menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, studi kepustakaan dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik serta analisis SWOT. Adapun bagaimana persepsi masyarakat terhadap pengembangan Taman Nasional sebagai objek wisata alam mendapat tanggapan positif dari masyarakat.


Full Text:

Untitled

References


Anom, Putu. 2004. Strategi Perencanaan dan pengembangan Pariwisata. Bali: Universitas Udayana.

Anonim. Undang – Undang RI. No. 9 Tahun 1990. tentang Kepariwisataan

Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB. 2003. Buku Informasi Gunung Tambora. BKSDA Nusa Tenggara Barat

Hadinoto, 2011. Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Ganesa Bandung: Bandung

Juhanda. 2013. Sumberdaya Manusia Lembaga Dan Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata di Kabupaten Bondowoso. Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Bondowoso.

Mokoginta, Ivantia; E. Maryani. 2001. Perumusan Rencana Strategis Pengembangan Pariwisata (sebuah Kerangka Pemikiran. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Pendit, Nyoman S., 1990, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Pradnya Paramita: Jakarta

Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada. 2003. Rencana Induk Pengembanga Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Sumba Barat . Jogyakarta.

Safrin, Acho. 1999. Pengembangan Pariwisata Berbasis pada Kerakyatan. Program Studi Pariwisata Universitas Udayana Bali.

Setiawan, Agus. 2004. Peranan Partisipasi Masyarakat Sumber Rejo Dalam Kegiatan Pariwisata di Objek wisata Pantai Lakey Dompu Kabupaten Dompu NTB. Dompu NTB: AKPAR Muhammadiyah Dompu NTB

Syamsu. 2010. Prospek Pengembangan Kawah Ijen Sebagai Objek Wisata Alam di Kabupaten . Bima: Penelitian Dikti Akademi Pariwisata Muhammadiyah Bima.

Tri Sakti. 2013. Jurnal Pariwisata. Jakarta: LPPM Tri Sakti

Universitas Mahasaraswati Mataram. 2017. Jurnal Ilmiah Ganec Swara, Vol. 11 1 Maret 2017. LPPM Univ. Saraswati Mataram

Yoeti, Oka, 1997, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.