PENGARUH REMUNERASI, MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA RABA BIMA

sri asmiatiningsih, Muhammad Noor

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Explanotory research yang akan membuktikan hubungan kausal antara variabel bebas (independent variable) yaitu remunerasi, motivasi dan kemampuan, dengan variabel terikat (dependent variable) yaitu kinerja karyawan. Dari hasil analisis data diperoleh variabel remunerasi, motivasi kerja dan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai KPP Pratama Raba Bima. Variabel kemampuan kerja dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai KPP Pratama Raba Bima. Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam suatu organisasi yaitu sebagai ujung tombak untuk menjalankan aktivitas organisasi tersebut, karena bagaimanapun juga kemajuan dan keberhasilan suatu organisasi tidak lepas dari peran dan kemampuan sumber daya manusia yang  baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh remunerasi, motivasi kerja dan Kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada KPP Pratama Raba Bima .Penelitian ini terdiri atas tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah remunerasi, motivasi kerja dan kemampuan kerja. Sedangkan variabeldependen dalam penelitian ini adalah kinerja.


Full Text:

PDF

References


Ardhani, Stephani, (2005). Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kantor Pajak Bumi dan Bangunan Surakarta,Skripsi JurusanManajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Agiel Puji,(2013). “Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan Perusahaan Air Minum Daerah Surakarta”, Jurnal Penelitian Universitas Negeri Surakarta, 1 : 155-168.

Gibso, James L, Jhon M, Ivancevihc dan James H Donnely. (2008). “Organisasi dan Manajemen”, Erlangga. Jakarta.

Hani Handoko. (2002). “Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia”, BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2002). “Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi”, Bumi Aksara. Jakarta.

Imam Gozali. (2005). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 3”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jaya, Indra, (2012).“Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap KinerjaPegawai Dinas PendidikanKabupaten Tanjung Jabung Barat”, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, I : 37 – 46.

Judanto, Tunggul, (2002), Analisis Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Danamon Semarang Pemuda), Tesis Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro. Semarang.

Kencanawati, Anak Agung, (2013). “Pengaruh Kepemimpinan, Etos Kerja, Motivasi Dan DisiplinTerhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar”, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 1 : 47-56.

Kristiani, Diah Ayu, (2013). “Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja TerhadapKinerja Karyawan”, Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1 – 7.

Mathis, Jackson. (2000). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Salemba Empat. Jakarta

Nugroho,Agus dan Kunartinah,(2012). “Analyze of Impact of Compensation, Career Development toward Job Satisfication by Job Motivationas a Mediation (Study of Civil Servants at Regional Secretary of Pekalongan Regency)”, Jurnal Bisnis dan Ekonom, II : 153-169.

Olfah Sumadiyah, (2012). Pengaruh Kepuasan Pada Remunerasi Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yang Dimoderasi Oleh Masa Kerja (Kasus Di Lingkungan Direktorat Jendral Anggaran), Tugas Akhir Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Jakarta.

Palagia, Misail. Brasit, Nurdin dan Amar, M. Yunus, (2010). Remunerasi, Motivasi, DanKepuasan Kerja Terhadap KinerjaPegawai Pada Kantor Pajak di Kota Makasar, Tesis Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana,Universitas Hasanudin, Makasar.

Robbins and Judge, (2008), “Organizational Behavior”, Salemba Empat, Jakarta.

Risqon dan Purwadi, (2012). “Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan KemampuanKerja Terhadap Kinerja Karyawan”, DAYA SAING jurnal Ekonomi Sumber Daya, 35-43.

Rohmah Nur, (2012). Implementasi Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi pada Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI), Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Universitas Brawijaya, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.