ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT DRIVE THRU SAPE BIMA

Zia Ulhak, Firdaus ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencegahan terhadap patologi birokrasi pada dinas-dinas yang ada didaerah khususnya pada Kantor Samsat Kota Bima yang menjadi obyek pada penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaksi yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh didasarkan pada standar pelayanan publik yang ditetapkan dalam aturan untuk melihat dan menganalisis sejauhmana efktif dan efesiensi kegiatan Samsat Drive Thru yang dilaksanakan. Adapun standarnya, yaitu: 1) Prosedur pelayanan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan SOP yang ditetapkan. 2) waktu pelayanan bisa dipangkas dan cepat mengingat prosesnya yang sederhana. 3) Biaya/tarif pelayanan sesuai dengan notice yang tertera karena tidak memakai prantara 4)Produk layanan Hasil pelayanan yang akan diterima sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 5) Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggara pelayanan publik hanya masih terdpat beberapa kelemahan. 6) Kompetensi petugas pemberi layanan. Kompetensi pemberi layanan pada dasarnya memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan prilaku sesuai sandar yang dibutuhkan.

Kata Kunci : Inovasi, Kepuasan Publik,  Pelayanan Publik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Rineka Cipta. Jakarta.

Dwiyanto, Agus. 2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: PT Gramedia

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, Mandar Maju. Bandung

Mirnasari, Rina Mei. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya- Bungurasih. Universitas Airlangga. Volume 1. journal.unair.ac.id/download-fullpapers10%20Rina_KMP%20V1%20N1%20Jan-April%202013.pdf. 16 November 2015.

Moenir, H.A.S. 2007. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta

Muluk. Khairul, 2008, Knowledge Management Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah.

Bayumedia Publising, Jatim.

Mulgan and Albury. 2003. UK. Cabinet Office Discussion Paper : Innovation in the Public Sector,

prime Minister’s Strategy Unit, cabinet Office:UK, ver 1.9, October 2003 http://www.strategy.gov.uk/work areas/innovation/index.asp

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik, Alfabeta. Bandung

Rademakers, Martijn (2005), “Corporate universities: driving force of knowledge innovation”, Journal

of Workplace Learning; 2005; 17, 1/2; ABI/INFORM Global, pg. 130

Sangkala. 2013. Innovative Governance : Konsep dan Aplikasi. Surabaya : Capiya Publishing

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan, Rafika Aditama. Bandung

Siagian Sondang P. 1994. Patologi Birokrasi. Analisis, Indentifikasinya dan terapinya.

Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta

Sinambela, Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan P&D, Alfabeta. Bandung.

Sjamsuddin, Sjamsiar. 2007. Etika Birokrasi dan Akuntabilitas Sektor Publik, Sofa Mandiri. Malang

Suaedi, Wardiyanto (ed). 2010. Revitalisasi Administrasi Negara, Reformasi Birokrasi dan E. Governance, Graraha Ilmu. Yogyakarta.

Sumartono, 2007. Reformasi Administrasi Dalam Pelayanan Publik. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Ilmu Reformasi Administrasi Negara Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Suwarno, Yogi, 2005, Inovasi di Sektor Publik. STIA-LAN Press. Jakarta.

Syamsudiin, Ali Muhammad.2016. Inovasi layanan PT.POS Indonesia Dalam

Peningkatanan Kualitas Layanan Sebagai Upaya Menjaga Eksistensi Di Era Persaingan Global (Studi Pada Kantor Pos Bandar Lampung).FIS Universitas Lampung

Tjandra, Elvi Anggraeni, 2008, Keberhasilan Inovasi Melalui Riset Dan Pengembangan Yang Tepat Akan Mempengaruhi Keberhasilan Produk Di Pasar, Vol 1

Zauhar, Soesilo. 2007. Reformasi Administrasi, Bumi Aksara. Jakarta.

PERATURAN PERUNDANGAN-UNDANGAN

• UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK

• KEPTUSAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR: 63/KEP/M.PAN/7/2003 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK.

• UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

• UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH


Refbacks

  • There are currently no refbacks.