IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PROYEK PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN 2009-2010 DI KOTA BIMA (STUDI KASUS PELAKSANAAN P2KP DI KELURAHAN PENANAE)

Kamaluddin S.Sos, M.AP

Abstract


Penelitian berjudul Impelementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Proyek Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kota Bima, maka jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang dijadikan penelitian dalam penulisan ini adalah studi kasus pada Kelurahan PenanaE Kecamatan Raba Kota Bima. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat partisipasi masyarakat Kelurahan PenanaE untuk menghadiri sosialisasi proyek P2KP sangat rendah. Tingkat partisipasi masyarakat di Kelurahan PenanaE dalam menyusun  perencanaan baik yang menyangkut lingkungan fisik, ekonomi dan sosial rendah dan paling berperan adalah anggota BKM. Dari kegiatan monitoring dan evaluasi yang dil¬akukan terhadap pelaksanaan proyek P2KP untuk  dianggap yang terbaik dan sukses baik untuk kegiatan lingkungan, sosial maupun ekonomi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Wahab, Solichin, 1990; Pengantar Analisis Kebijaksanaan Negara, Rineka Cipta Jakarta.

Anderson, James E, 1979; Public Policy Making, Halt Rinehard and Winston, New york.

Adi, Isbandi Rukminto, 2001; Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas, Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis, LPFE UI Jakarta.

Asmarani, Dyah Lestari, 2001; Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Perkotaan : Kajian Terhadap Pelaksanaan Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) di Desa Pasanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu, Penelitian Universitas Brawijaya, Malang.

Awan Setya Dewanta, 1995; Urbanisasi dan Kemiskinan di Dunia Ketiga, PT.Tiara Wacana Yogya

Bakhit, Izzeddin, et al, 2001; Menggempur Akar-Akar Kemiskinan, diterjemahkan oleh Frederick Ruma, YAKOMA-PGI, Jakarta.

Bappenas, 2004; Program Penanggulangan Kemiskinan, Jakarta.

Biro Pusat Statistik Perwakilan Bima Tahun 2006.

Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, 1994; Masalah Kemiskinan dan Penanggulangannya, Jakarta.

Inpres No.5, 1993; Undang-Undang No.5 1979 Tentang Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan (Sekretaris Negara RI, 1993).

Kartasasmita, Ginanjar, 1993; Kebijaksanaan dan Strategi Pengentasan Kemiskinan, Kerjasama Bappenas dengan Lembaga Penerbitan FIA, UNIBRAW.

Keban, Yeremias T., 2000, Good Governance dan Capacity Building sebagai Indikator Utama dan Fokus Penilaian Kinerja Pemerintahan, dalam JurnalPerencanaan Pembangunan, Jakarta.

Kota Bima Dalam Angka Tahun 2007.

Lembaga Administrasi Negara, 2000, Akuntabilitas dan Good Governance, Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Jakarta.

Moleong, Lexy J, 2005; Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Panduan Umum Program IDT Tahun 2003.

Parsudi Suparlan, 1995; Kemiskinan Perkotaan, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Pedoman Umum P2KP, 2004; Bersama Membangun Kemandirian, Direktorat Jenderal Perumahan dan Pemukiman, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta.

Statistik Indonesia 2000, Biro Pusat Statistik Jakarta.

Suman, A. & Yustika, A.E, 1997; Perspektif Baru Pembangunan Indonesia, PT. Danar Brawijaya Press, Malang

Soekamto, Hadi, dkk, 2004; Partisipasi Masyarakat Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik FIA, Malang.

Wiranto, Tatang, 2001 ; Teori Kebijaksanaan Publik, Pusat Antar Universitas Studi Sosial UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.