PENCEGAHAN PATOLOGI BIROKRASI MELALUI REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK

Zia Ulhak, Arif satriadin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis Pencegahan patologi birokrasi melalui reformasi administrasi pelayanan publik Di Kabupaten Bima. Kajian pustaka yang dipakai secara umum membahas tentang teori-teori dalam Administrasi publik, Pelayanan Publik, Patologi Birokrasi serta reformasi administrasi pelayanan publik tehadap birokrasi di Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model analisis interaksi yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian diantaranya adalah: Pemerintah Daerah Kabupaten Bima diharapkan bisa menghasil sebuah kebijakan yang baik utamanya terkait bagaimana melakukan pencegahan terhadap patologi birokrasi pada dinas-dinas yang ada didaerah khususnya pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima yang menjadi obyek pada penelitian ini terkait dalam upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan publik pada masyarakat didaerah Kabupaten Bima. Selain itu juga dari penelitian ini diharapkan juga dapat di Publikasikan secara ilmiah dalam jurnal lokal yang mempunyai ISSN atau jurnal nasional terakreditasi,  Aprosiding pada seminar ilmiah baik yang berskala lokal, regional maupun nasional, dimana muara akhirnya dapat dipakai sebagai bahan pengkajian dalam menhasilakan sebuah kebijakan dalam yang kaitannya bagaimana mencegah patologi dalam birokrasi sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan publik secara daerah dan Nasional. Saran-saran Dalam usaha meningkatkan pelayanan terhadap masyarakatnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima diharapkan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang kurang dalam kegiatan pelayanannya..Dari segi sumber daya manusia sendiri perlu lebih ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, dalam rangka membantu lebih mengefesienkan serta mengefetifkan kegiatan pada dinas tersebut.  Serta Mengembangkan kembali partisipasi masyarakat melalui sosialisasi lebih efektif sehingga masyarakat lebih memahami tata cara, prosedur serta syarat-syarat pelayanan pada Dukcapil.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.